Pemberontak Suriah: Assad dan Rusia Penyebab Gagalnya Perundingan


Pemberontak Suriah Assad dan Rusia Penyebab Gagalnya Perundingan
Pemberontak Suriah menuding Presiden Bashar al-Assad dan Rusia menjadi biang kegagalan perundaingan damai | (Istimewa)

DAMASKUS
 - Kelompok pemberontak bersenjata Suriah menuding pemerintah Suriah dan Rusia bertanggung jawab atas kegagalan pembicaraan damai awal pekan depan di Jenewa.

"Kami menyalahkan rezim Assad dan sekutunya, Rusia, yang bertanggung jawab atas kegagalan proses politik karena mereka terus melakukan kejahatan perang," bunyi pernyataan puluhan faksi kelompok pemberontak seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (23/1/2016).

Lihat juga : AS Yakin Pembicaraan Damai Suriah Bisa Dilanjutkan

Kelompok pemberontak mengkritik campur tangan Rusia dalam urusan delegasi kelompok oposisi. Rusia menginginkan agar tim perunding oposisi diperluas untuk mencakup tokoh lain yang bisa dianggap menjadi sekutu mereka termasuk partai Kurdi PYD.

Pernyataan kelompok pemberontak itu ditandatangani oleh kelompok-kelompok yang terhitung sangat kuat macam Jaysh al-Islam. Anggota polibiro kelompok ini yaitu Mohamad Alloush adalah kepala perunding Komite Tinggi Negosiasi, organ yang disusun oleh kelompok oposisi sipil dan bersenjata setelah pertemuan di Riyadh bulan lalu.

Rusia adalah sekutu Presiden Bashar al-Assad dan telah mendukung pasukan pro pemerintah dengan melakukan serangkaian serangan udara terhadap kelompok pemberontak sejak September lalu.

Sumber : http://international.sindonews.com/read/1079663/43/pemberontak-suriah-assad-dan-rusia-penyebab-gagalnya-perundingan-1453565255

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item