Menteri ESDM: Tambang emas Grasberg jadi penopang ekonomi Papua

Menteri ESDM: Tambang emas Grasberg jadi penopang ekonomi PapuaPT Freeport. REUTERS/Muhammad Yamin


Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menyebut, Tambang Grasberg yang saat ini dikelola PT Freeport Indonesia merupakan salah satu penopang roda perekonomian masyarakat Papua. Sebesar 92 persen pendapatan domestik bruto (PDB) Kabupaten Mimika dan 30 persen PDB Provinsi Papua berasal dari Tambang Grasberg.
Selain itu, ribuan orang menggantungkan hidupnya, secara langsung maupun tidak langsung, dari aktivitas penambangan di lokasi tersebut. Tak sedikit jumlah uang yang berputar di lokasi Tambang Grasberg dan sekitarnya.
"Lalu 30 ribu keluarga bergantung dari sana. Ada USD 1,8 miliar bisnis yang dikerjakan, sebagian besar oleh pengusaha lokal," kata Sudirman di Komisi VII, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/1).
Atas dasar ini lah, Sudirman menilai, terlepas dari keputusan diperpanjang atau tidaknya kontrak Freeport di Tambang Grasberg, operasional tambang harus tetap berjalan.
"Diperpanjang atau tidak kontrak Freeport, operasi tambang harus terus dilanjutkan siapa pun operatornya," tegas Sudirman.
Sampai saat ini pemerintah Indonesia belum dapat memutuskan, apakah kontrak Freeport akan diperpanjang atau tidak. Karena Undang Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara (UU Minerba) mengatur, perpanjangan kontrak baru dapat diputuskan 2 tahun sebelum berakhirnya masa berlaku kontrak lama.
Artinya, Freeport baru bisa memperoleh kepastian paling cepat tahun 2019, kecuali ada perubahan aturan. Tetapi perubahan aturan tersebut tentu harus melalui proses yang panjang. "Hari ini belum bisa saya putuskan terkait kontrak Freeport karena aturannya bilang tidak bisa sekarang," tutupnya.

Sumber : http://www.merdeka.com/uang/menteri-esdm-tambang-emas-grasberg-jadi-penopang-ekonomi-papua.html

Related

Nasional 8228509031883791557

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item