ISIS, Al Qaidah, Taliban, siapa lebih kuat?

Reporter : Pandasurya Wijaya ISIS, Al Qaidah, Taliban, siapa lebih kuat?
Para militan dari Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). alarabiya.net
Merdeka.com - Akhir tahun lalu dan awal tahun ini dunia internasional dihantui serangkaian serangan terorisme. Dari mulai Teror Paris hingga serangan bom dan baku tembak di kawasan Sarinah Jakarta, serta serangan kelompok bersenjata di Universitas Bacha Khan, Pakistan.

Nama kelompok militan disebut-sebut sebagai dalang di balik kasus terorisme itu.

Dunia kini mengenal nama kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang terkenal karena kekejamannya. Pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat saat ini masih menggempur kelompok ekstrem ini di Irak dan Suriah.

Sebelumnya publik internasional pernah mengenal nama Al Qaidah, kelompok bersenjata yang menyerang Amerika Serikat dengan menabrakkan dua pesawat yang dibajak ke Gedung World Trade Center di New York pada 11 September 2001.

Selain itu nama Taliban juga tidak asing bagi dunia internasional karena kelompok ekstremis ini kerap meneror warga di Pakistan dan Afganistan. Mereka juga pernah mencoba membunuh remaja pegiat pendidikan Malala Yousafzai.

ISIS, Al Qaidah, Taliban, siapa dan bagaimana sosok mereka sebenarnya? Siapa yang lebih kuat di antara mereka?

Berikut ulasan tentang ketiga kelompok militan itu.

Lain juga : Kelompok militan serbu restoran di Somalia, 20 orang tewas

Para pengamat terorisme menilai ISIS berperang dengan cara yang lebih konvensional ketimbang Al Qaidah.

Mereka menyerbu suatu wilayah dan menguasai kawasan itu serta mendeklarasikan khilafah di Suriah dan Irak. Banyak kelompok jihadis lainnya ingin mendirikan khilafah tapi ISIS adalah yang pertama kali mendeklarasikannya.

ISIS juga mengandalkan taktik militer, memakai senjata api, seperti senapan dan granat.

Dalam taraf tertentu, ISIS memang seperti pemerintahan lainnya. Mereka memungut pajak, menyediakan fasilitas publik meski buruk, dan bahkan berencana mencetak mata uang sendiri.

Sedangkan Al Qaidah selama ini tidak bertujuan menguasai suatu wilayah dan lebih mengandalkan serangan teror yang mendapat perhatian dunia. Sejak peristiwa 11 September 2001 Al Qaidah masih terus melancarkan serangan mematikan, seperti yang terjadi pada penyerangan di mal Westgate, Kenya, pada 2013 lalu.

Al Qaidah memang ingin mendirikan khilafah Islam tapi lewat strategi jangka panjang. Ini pula yang jadi satu alasan mengapa Al Qaidah tidak mengakui ISIS yang langsung mengklaim mendirikan khilafah Islam.

Dari sisi kebrutalan ISIS memang terlihat lebih kejam ketimbang Al Qaidah.

ISIS selama ini memperlihatkan kebrutalan mereka dan mendapat banyak perhatian dunia internasional dan pengikut. Menurut pengamat, sejauh ini upaya mereka berhasil.

"Mereka mempengaruhi anak muda supaya mau membunuh orang lain," ujar Clint Watts, pengajar dari Universitas George Washington, seperti dilansir the Hill, September 2014.

ISIS mendapat sorotan dunia setelah memenggal sejumlah tawanan Barat dan mempublikasikannya lewat media sosial.

Dalam banyak hal, ISIS mirip seperti Taliban sebelum 2001. Mereka sangat sadis
Sumber : http://www.merdeka.com/dunia/isis-al-qaidah-taliban-siapa-lebih-kuat.html

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item